Bandar Lampung (Lampost.co) — Travel mart menjadi gairah tersendiri di dunia pariwisata Lampung. Dalam kegiatan Krakatau Travel Mart pada 26—28 Februari 2023 tersebut mampu meningkatkan pemesanan atau pembelian paket wisata.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Bobby Irawan mengatakan dari kegiatan tersebut 100 buyer, 50 seller, dan 20 influencer baik dari dalam maupun luar daerah Lampung bergabung dan memeriahkan. “Kegiatan Travel Mart salah satu strategi kami dalam menangkap peluang karena sejak masa PPKM banyak masyarakat yang tidak melakukan wisata. Travel Mart inilah sebagai salah satu strategi menarik wisatawan,” katanya, Minggu, 12 Maret 2023.
Selama kegiatan terlihat antusiasme masyarakat baik di dalam maupun luar daerah hingga luar negeri yang tertarik mengambil kesempatan untuk mengeksplorasi Lampung dengan memilih sejumlah lokasi yang dirasa menarik dan perlu didatangi.
“Destinasi yang diminati para wisatawan sangat beragam dan berbeda-beda. Seperti wisatawan dari Palembang lebih menyukai destinasi pantai dan bahari. Sedangkan wisawatan dari Bandung dan Jakarta lebih menyukai wisata gunung, budaya, dan kuliner,” katanya.
Dia menjelaskan dari kegiatan tersebut menghadirkan paket liburan beragam dan menyajikan paket lengkap dengan fasilitas hotel dan restoran. “Jadi selain paket rombongan dan keluarga, ada juga toko oleh-oleh. Sehingga ada kesepakatan menjual hasil UMKM dan kuliner ke luar Lampung,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah ASITA Lampung Ahmad Al Akhran mengatakan Lampung memiliki beragam potensi wisata alam dan juga budaya lokal yang tak kalah bersaing dengan wisata di luar daerah. “Lampung punya tempat wisata, seperti bahari, pegunungan, TNWK, Gunung Krakatau. Ini banyak juga yang sudah dikunjungi turis sehingga promosi harus terus dilakukan,” katanya.
Muharram Candra Lugina