Medan (Lampost.co)–Mendorong pemuda Indonesia untuk bijak dalam menggunakan media sosial, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerja sama dengan Narasi menyelenggarakan Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023. Kompetisi film pendek ini bertujuan menginspirasi dan meningkatkan literasi digital anak muda sambil mengampanyekan antihate speech atau ujaran kebencian dengan tema ‘Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi.’
Kompetisi ini dibuka untuk pendaftaran mulai 26 Oktober 2023 hingga pengumuman pemenang yang akan dilakukan pada Februari 2024. Sebagai wadah kreativitas anak muda, festival ini diharapkan dapat memberikan pesan perdamaian, kesetaraan, dan toleransi melalui medium film pendek.
SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, menyatakan media sosial harus menjadi tempat yang nyaman untuk kita, bukan tempat menebar kebencian. “Dengan kampanye #BijakBerkreasiTanpaBatas, Indosat mengajak generasi muda menggunakan kekuatan cerita dan visual untuk menyebarkan pesan positif, membangun masyarakat inklusif, dan peduli dengan sesama,” ujarnya.
Menyusul pernyataan tersebut, Founder Narasi, Najwa Shihab, menyambut baik inisiatif Indosat. “Sebagai kawan kolaborasi, kami memiliki semangat serupa dalam melawan penyebaran ujaran kebencian. Melalui film-film pendek ini, kami berharap dapat memberikan suara dan gagasan tentang kesetaraan, toleransi, dan perdamaian.”
Festival Film Pendek SOS merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital. Program ini melibatkan kegiatan seperti roadshow ke berbagai kampus, sosialisasi, workshop pelatihan dengan para pakar perfilman, seleksi penjurian, dan pengumuman pemenang. Roadshow kampus akan menyambangi empat kota, termasuk Medan, Jember, Pontianak, dan Makassar, sementara sosialisasi akan dilakukan di enam kota lainnya.
Steve mengatakan ujaran kebencian dapat menjadi awal terjadinya polarisasi. Oleh karena itu, melalui pendekatan kreatif dan narasi positif, kampanye Festival Film Pendek SOS diharapkan dapat menginspirasi semua pihak untuk menciptakan media sosial sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk berekspresi.
Dengan pengumuman pemenang dijadwalkan pada acara Anugerah Karya Festival Film Pendek SOS 2024, harapannya kampanye ini akan memberikan kontribusi positif dalam merubah paradigma penggunaan media sosial di kalangan pemuda Indonesia.
Sri Agustina